Mohon Maaf, Blog Ini Masih dalam Perbaikan

Laporan Pelaksanaan KKN

Kuliah Kerha Nyata (KKN) adalah suatu bentuk kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) oleh Mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Pelaksanaan KKN biasanya berlangsung antara 1 sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat Desa yang merupakan kegiatan intrakurikuler yang memadukan Tri Dharma perguruan tinggi yaitu: Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat. Pada prinsipnya, pelaksanaan KKN sendiri terbagi dalan dua kategori, ada yang disebut dengan KKN Reguler (dilaksanakan di Desa-desa) ada pula yang bersifat Profesi (dilaksanakan di instansi/perkantoran) atau penekanannya lebih pada praktek kerja lapangan.
Prinsip Pelaksanaa
  1. Co-creation (gagasan bersama): KKN-PPM dilaksanakan berdasar pada suatu tema dan program yang merupakan gagasan bersama antara universitas (dosen, mahasiswa, Pusat Studi) dengan pihak Pemerintah Daerah, mitra kerja dan masyarakat setempat.
  2. Co-financing/co-funding (dana bersama): KKN-PPM dilaksanakan dengan pendanaan bersama antara mahasiswa pelaksana, universitas dengan pihak Pemerintah Daerah, mitra kerja dan masyarakat setempat, disesuaikan dengan tema dan program yang telah disepakati.
  3. Flexibility (keluwesan): KKN-PPM dilaksanakan berdasarkan pada suatu tema dan program yang sesuai dengan situasi dan kebutuhan Pemerintah Daerah, mitra kerja dan masyarakat dalam proses pembangunan di daerah. Mahasiswa dapat memilih tema dan waktu pelaksanaan KKN-PPM yang ditawarkan universitas sesuai dengan keinginannya.
  4. Sustainability (berkesinambungan): KKN-PPM dilaksanakan secara berkesinambungan berdasarkan suatu tema dan program yang sesuai dengan tempat dan target tertentu.
  5. KKN-PPM dilaksanakan berbasis riset (Research based Community Services).
  6. Program KKN-PPM menerapkan prinsip sustainability untuk mencapai hasil yang telah direncanakan dan berusaha untuk melakukan pernaikan secara terus menerus guna menigkatkan kualitas progam KKN-PPM tersebut (continually improvement)

Berikut ini saya sajikan contoh Laporan KKN yang dibuat dalam bentuk file Flash Player.

Untuk melihat contohnya dapat anda dapatkan di sini.

Syarat/ketentuan untuk dapat membuka file tersebut, Flash Player harus terinstal terlebih dulu.

0 komentar :

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda Disini